cara mengatasi layar laptop mati tapi lampu indikator menyala


Kenapa laptop menyala tapi layar hitam?


Ada beberapa hal yang bisa menyebabkan masalah ini. Salah satu kemungkinannya adalah laptop tidak mendapatkan daya. Untuk mengujinya, colokkan laptop ke stopkontak dan lihat apakah layarnya menyala. Jika ya, maka kemungkinan besar masalahnya ada pada layar. Jika layar tidak menyala, maka masalahnya kemungkinan besar ada pada motherboard atau adaptor daya.

Kemungkinan lainnya adalah kabel video tidak tersambung dengan benar. Untuk mengujinya, lepaskan kabel video dari laptop dan sambungkan kembali. Jika layar menyala, maka masalahnya ada pada kabel video. Jika layar tidak menyala, maka masalahnya ada pada laptop.

Terakhir, masalahnya bisa jadi ada pada kartu grafis. Untuk mengujinya, sambungkan monitor eksternal ke laptop. Jika monitor eksternal menyala, maka masalahnya ada pada kartu grafis. Jika monitor eksternal tidak menyala, maka masalahnya ada pada laptop.


Apa saja penyebab laptop no display atau tidak tampil?


Ada banyak penyebab potensial laptop tidak ada tampilan, mulai dari layar yang rusak hingga motherboard yang gagal. Berikut ini adalah beberapa penyebab paling umum:

-Layar Rusak: Salah satu penyebab paling umum laptop tidak ada tampilan adalah layar yang rusak. Jika layar retak atau lampu latar tidak berfungsi, laptop tidak akan menampilkan gambar apa pun.

-Motherboard yang Gagal: Penyebab umum lainnya dari laptop tidak ada tampilan adalah motherboard yang gagal. Jika motherboard tidak berfungsi, laptop tidak akan dapat menampilkan gambar apa pun.

-Kartu Grafis Buruk: Kartu grafis yang buruk juga dapat menyebabkan laptop tidak ada tampilan. Jika kartu grafis tidak berfungsi, laptop tidak akan dapat menampilkan gambar apa pun.

-Kabel LCD yang buruk: Kabel LCD yang buruk juga dapat menyebabkan laptop tidak ada tampilan. Jika kabel tidak berfungsi, laptop tidak akan dapat menampilkan gambar apa pun.

-Inverter yang buruk: Inverter yang buruk juga dapat menyebabkan laptop tidak ada tampilan. Jika inverter tidak berfungsi, laptop tidak akan dapat menampilkan gambar apa pun.


cara mengatasi layar laptop mati tapi lampu indikator menyala


Ada beberapa alasan mengapa layar laptop Anda mungkin mati tetapi lampu indikator menyala. Salah satu kemungkinannya adalah komputer Anda dalam mode tidur. Untuk mengatasinya, tekan sembarang tombol pada keyboard atau klik mouse. 

Jika komputer Anda tidak dalam mode tidur, masalahnya mungkin ada pada layar. Coba sambungkan monitor eksternal ke laptop Anda dan lihat apakah gambar muncul di monitor eksternal. Jika ya, masalahnya ada pada layar laptop Anda. 

Jika gambar tidak muncul di monitor eksternal, masalahnya ada pada kartu video atau kabel yang menghubungkan kartu video ke layar.


Apa yang harus dilakukan jika layar laptop hitam?


Jika layar laptop berwarna hitam, ada beberapa hal yang dapat Anda lakukan. Hal pertama yang harus Anda lakukan adalah memastikan bahwa laptop dihidupkan. Jika laptop dimatikan, Anda tidak akan dapat melihat apa pun di layar. 

Jika laptop dinyalakan, Anda harus memeriksa untuk melihat apakah pengaturan kecerahan atau kontras terlalu tinggi. Anda dapat menyesuaikan pengaturan ini dengan membuka Control Panel dan mengklik ikon Display. 

Jika pengaturan kecerahan atau kontras dinaikkan terlalu tinggi, Anda dapat menurunkannya dengan mengklik panah bawah di sebelah pengaturan kecerahan atau kontras.

Jika pengaturan kecerahan atau kontras tidak dinaikkan terlalu tinggi, Anda harus memeriksa untuk melihat apakah laptop dalam mode tidur. Jika laptop dalam mode tidur, Anda dapat membangunkannya dengan menekan tombol daya. 

Jika laptop tidak dalam mode tidur, Anda harus memeriksa apakah laptop terhubung ke layar eksternal. Jika laptop tersambung ke layar eksternal, Anda dapat memutuskan sambungan layar eksternal dengan menekan tombol fungsi dan tombol F4 secara bersamaan.


TAGS:layar laptop mati tapi lampu indikator nyala,lampu indikator laptop nyala tapi layar mati asus,cara mengatasi laptop mati sendiri,cara menyalakan laptop lenovo yang tidak mau menyala,laptop tidak nyala tapi kipas hidup,laptop asus tidak mau menyala,laptop tidak mau menyala,cara mengatasi black screen windows 10,


Baca Juga

Baca Artikel Rekomendasi :